Home » , » TANDA-TANDA KANKER PAYUDARA YANG HARUS DI WASPADAI

TANDA-TANDA KANKER PAYUDARA YANG HARUS DI WASPADAI

Kanker payudara adalah penyakit yang paling ditakutkan oleh para kaum hawa. Para wanita sangat takut apabila mengalami rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk di bagian dada. Apakah itu merupakan gejala awal dari kanker payudara? Untuk itu marilah anda mengenali gejala awal dari kanker payudara agar penyakit ini dapat di deteksi dini sehingga dapat menyelamatkan hidup anda.
TERDAPAT BENJOLAN DI SEKITARAN PAYUDARA
Ciri yang pertama adalah adanya benjolan disekitar payudara. Hampir setiap orang mengetahui bahwa benjolan di sekitar payudara merupak
an ciri umum dari kanker yang yang harus diperhatikan. Meskipun tidak sepenuhnya benjolan ini menandakan bahwa Anda terkena kanker, akan tetapi Anda harus waspada jika benjolan tersebut terasa sangat keras, tidak dapat digerakkan dan tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya.



SEKITARAN PAYUDARA MENGALAMI KERUTAN
Kerutan tanda kanker payudara akan berwarna sedikit hitam dan tidak terlalu besar lingkupnya. Tak hanya itu saja kerutan tersebut juga memiliki permukaan yang kasar.
PAYUDARA MENGALAMI BENGKAK DAN KEMERAHAN
Jika sudah begini sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis. Warna kemerahan pada payudara juga akan memiliki rasa hangat jika disentuh, seperti halnya saat demam.
GATAL DAN RUAM DI PUTING SUSU
Gatal yang disebabkan oleh kanker payudara juga memiliki intensitas yang berbeda. Ada yang gatal dalam skala kecil dan tidak menganggu dan juga ada yang cukup menganggu karena gatal tidak dapat hilang. Selain itu, di kulit payudara juga akan timbul seperti sisik yang cukup menganggu karena akan menimbulkan rasa sakit jika dipegang ataupun dikelupas.
PAYUDARA MENGALAMI PERUBAHAN UKURAN DAN BENTUK
Jika Anda melihat ada keanehan dalam salah satu bentuk payudara, maka sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis karena hal ini merupakan salah satu ciri kanker payudara stadium awal. Sebagai contoh adalah dari sebelumnya yang besar yaitu 34 dan hanya menjadi 32 (dalam ukuran bh).
KELUAR CAIRAN DARI PUTING
Jika Anda sedang tidak menyusui namun tiba-tiba keluar cairan dari puting, makah hal ini merupakan gejala bahwa Anda sedang terkena kanker payudara. Warna cairannya pun berbeda-beda, yaitu jika cairan putih atau bening maka ini belum masuk ke dalam tahap serius, akan tetapi jika cairan berwarna kecoklatan ataupun merah darah hal ini sudah masuk dalam tahap kronis dan segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.
PUTING SUSU MASUK KEDALAM
Seperti yang kita ketahui puting susu Seseorang yang menderita payudara puting susunya akan menukik ke dalam dan tidak wajar. Namun tahukah Anda tak hanya puting susu yang masuk ke dalam, semua bagian yang ada di payudara juga akan mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, jika Anda mendapati hal ini segeralah melakukan pengecekan lebih lanjut agar tidak menjadi lebih bahya.
ITULAH GEJALA AWAL DARI KANKER PAYUDARA YANG HARUS DI WASPADAI. SELANJUTNYA BERIKUT INI CARA MEMERIKSA GEJALA AWAL KANKER PAYUDARA
1. Di depan cermin dan melihat payudara:
Payudara normal berukuran simetris antara payudara yang kanan dan kiri.
Warna dan bentuk payudara seperti biasa.
2. Mengangkat kedua tangan dan memencet payudara:
Apakah keluar cairan berwarna kuning atau seperti darah?, jika “ya” maka Anda harus waspada jika tidak sedang menyusui.
Dan Apakah terasa ada benjolan didalam payudara?.
Berlanjut untuk memeriksakan diri kedokter sangat disarankan, walaupun Anda menemukan tanda yang tidak begitu nampak. Hal ini karena sifat kanker payudara kebanyakan hampir tanpa terlihat,  atau secara diam-diam.  Oleh karena itu,  Anda perlu untuk benar-benar rutin memeriksa sendiri atau berkonsultasi dengan dokter.
SEKIAN.....





0 comments:

Post a Comment